Tips Buka Usaha Laundry Bagi Pemula yang Perlu Diketahui

Di era pandemik seperti sekarang ini, membuat banyak orang mencari peluang untuk menambah pemasukan, salah satunya membuka usaha laundry rumahan kiloan. Keuntungan yang diperoleh tentunya cukup untuk menambah pundi-pundi rupiahnya.

Seperti yang kita tahu, perekonomian sedang menurun akibat adanya pandemi dan pemberhentian kerja besar-besaran. Maka dari itu, memulai bisnis sendiri tentu menjadi salah satu jalan alternatif.

Buka Usaha Laundry itu Mudah!

tips usaha laundry

Adapun bisnis rumahan ini cukup sederhana, namun apabila Anda menjalankannya dengan tekun dan mampu dikelola dengan baik tentu akan menghasilkan keuntungan besar. Maka dari itu, bagi Anda yang ingin bangun usaha sendiri perlu memiliki strategi tepat.

Sebagaimana kita tahu, membuka bisnis laundry kiloan saat ini sedang ramai dan cukup banyak dibutuhkan. Terlebih lagi bagi para pelajar atau mahasiswa yang merantau jauh dari rumah, tentunya jasa ini sangat berguna bagi mereka.

Tips Buka Usaha Laundry Bagi Pemula

Berikut ini beberapa tips membuka usaha laundry yang dapat Anda terapkan dalam dunia bisnis laundry, berikut diantaranya:

  1. Persiapkan Modal Usaha

Dalam membangun bisnis kuliner, hal pertama yang penting untuk dipersiapkan adalah modal usaha. Meskipun bisnis laundry tergolong sederhana, namun tetap perlu menyiapkan modal.

Ada baiknya untuk selalu melakukan riset dengan cara mencari tahu ataupun melakukan riset kepada orang-orang berkompeten dan berpengalaman. Sebagai pemilik bisnis, tentunya Anda harus paham bagaimana seluk beluk bisnis yang akan Anda jalankan.

  1. Menentukan Lokasi yang Strategis

Cara kedua untuk membuka bisnis laundry adalah menentukan lokasi yang strategis. Lokasi yang strategis seperti halnya ramai penduduk dan sesuai target pasar.

Hal ini tentu akan membuat bisnis Anda menjadi perhatian. Oleh karena itu, Anda perlu membangun usaha laundry di area yang strategis sesuai dengan target pasar Anda.

  1. Membeli Peralatan Laundry

Saat modal yang Anda miliki sudah cukup, maka waktu yang tepat untuk membeli peralatan laundry. Adapun alat-alat yang dibutuhkan diantaranya seperti mesin cuci, setrika, mesin pengering, timbangan, deterjen, pewangi, dan masih banyak lagi.

Sebelum hendak membeli peralatan tersebut, pastikan bahwa Anda sudah membandingkannya terlebih dahulu dengan harga di platform marketplace. Usahakan untuk menekan biaya modal yang dikeluarkan, oleh karena itu belilah produk yang sedang promo jika ada.

  1. Menentukan Harga

Untuk menentukan harga usaha laundry, tentunya perlu disesuaikan target pasar yang akan disasar. Jangan sampai harga yang Anda tentukan tersebut tidak cocok dengan target pasar, sehingga usaha Anda menjadi sepi pelanggan.

Harga yang sulit dijangkau, terlebih lagi berada di tengah-tengah target pasar seperti halnya mahasiswa tentu akan membuat usaha Anda sepi peminat. Maka dari itu, pastikan bahwa Anda memberi harga yang cocok.

Biasanya, penentuan harga usaha dilihat berdasarkan elemen pendukung seperti listrik, biaya sewa tempat, gaji karyawan (bila ada), perawatan aset, dan sebagainya.

  1. Disiplin Waktu

Cara terakhir ketika hendak membuka bisnis cuci baju adalah senantiasa disiplin terhadap waktu yang dimiliki. Sebagaimana kita tahu, waktu adalah uang. Sehingga, cukup cocok dengan sistem bisnis laundry ini.

Bukan hanya kualitas kebersihan hasil laundry saja yang perlu diperhatikan, pelayanan yang tepat juga berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Maka dari itu, disiplin waktu juga menjadi elemen penting yang harus Anda perhatikan.

Beberapa tips dalam membuka usaha laundry di atas, diharapkan dapat menjadi referensi bagi Anda yang membuka bisnis cuci baju kiloan dalam waktu dekat.

Leave a Comment