Mengenal Apa Itu Persekutuan Komanditer, Jenis dan Keuntungannya

Persekutuan Komanditer  –  Pernahkah Anda mendengar tentang istilah Persekutuan Komanditer sebelumnya? Bagi Anda yang sudah biasa bersinggungan dengan dunia bisnis, istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi. Akan tetapi bagi orang awam bisa jadi istilah ini cukup asing. Pada praktek kesehariannya, istilah ini memang lebih sering disebut dengan CV. 

Nah, bagi Anda yang ingin mempelajari tentang Persekutuan Komanditer, ulasan berikut ini layak untuk Anda simak. 

Memahami Apa Itu Pengertian Persekutuan Komanditer

ILUSTRASI PERKEUTUAN KOMANDITER

Persekutuan Komanditer merupakan istilah lain dari CV atau Commanditaire Vennootschap. CV ini sendiri merupakan sebuah badan usaha atau persekutuan yang dibentuk oleh satu atau beberapa orang, dimana mereka akan mempercayakan dana maupun asetnya pada satu atau lebih orang yang akan menjalankan usaha tersebut.

Seseorang atau lebih yang dipercaya ini merupakan pemimpin yang nantinya memiliki tugas untuk menjalankan usaha demi mencapai visi misi yang sudah diatur sebelumnya. Masing-masing orang di dalam CV memiliki tingkat keterlibatan yang berbeda, dan tidak selalu sama. 

Para ahli juga menjelaskan bahwa CV ini merupakan sebuah persekutuan yang memiliki dua jenis sekutu atau pemodal, yaitu pemodal aktif dan juga pemodal pasif. Pemodal aktif merupakan mereka yang memiliki peran untuk memberikan modal sekaligus tenaga dan juga ide untuk operasional perusahaan.

Sedangkan pemodal pasif merupakan orang yang hanya memberikan modal awal saja dalam bentuk aset benda maupun dana. 

Adapun pembagian keuntungan antara pemodal aktif dan pemodal pasif harus diatur dan disetujui bersama. 

Jenis Badan Usaha Dalam Persekutuan Komanditer atau CV

Sama halnya dengan PT, Persekutuan Komanditer atau CV juga terdiri atas beberapa jenis. Berikut beberapa jenis CV seperti yang dikutip dari Wikipedia.

  • CV Murni

Bentuk jenis badan usaha yang paling sederhana adalah CV murni. Hal ini karena dalam struktur organisasi CV murni hanya terdiri atas satu sekutu komplementer dan juga beberapa pihak lain yang berlaku sebagai sekutu komanditer. 

  • CV Bersaham

Ciri khas dari CV bersaham adalah mengeluarkan saham yang nantinya bisa diambil oleh masing-masing komanditer maupun komplementer. Akan tetapi perlu Anda garis bawahi jika saham ini tidak bisa diperjualbelikan. tujuan dikeluarkan saham ini adalah untuk menghindari adanya modal beku. 

  • CV Campuran

CV campuran biasanya hanya terjadi jika suatu firma membutuhkan suntikan modal atau dana. Pihak yang bersedia memberikan modal nantinya akan berperan sebagai sekutu komanditer. Dengan begitu secara otomatis pihak yang menerima modal  akan menjadi sekutu komplementer.

Melihat Sisi Kelebihan dan Kekurangan CV

Jika Anda berencana untuk mendirikan sebuah CV, maka pahami dahulu apa saja sisi kelebihan dan kelemahannya agar Anda Bisa menakar risiko dan juga keuntungan yang bisa Anda peroleh. 

  • Kelebihan CV

Ada beberapa kelebihan dari CV, misalnya:

  • Lebih dipercaya oleh pihak bank, sehingga lebih mudah mendapatkan pinjaman modal. 
  • Proses pendirian lebih mudah dibandingkan PT.
  • Bisa dikelola oleh siapa saja, sehingga akan lebih mudah berkembang.
  • Kendala dan juga resiko menjadi tanggung jawab bersama.
  • Kekurangan CV

Ada beberapa kelebihan kekurangan dari CV, misalnya:

  • resiko terjadi konflik antara sekutu cukup besar.
  • Akan sulit bagi Anda untuk menarik kembali modal yang sudah disetor atau diserahkan. 
  • Kelancaran operasional dan aktivitas CV sangat bergantung pada pemodal aktif, sehingga kelangsungan perusahaan juga tidak tetap. 

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai Persekutuan Komanditer, semoga memberikan wawasan baru untuk bisnis Anda. Baca juga artikel kami sebelumnya yang mengulas seputar Cara Daftar IUMK Online

Leave a Comment