Lagi Cari Modal Usaha? Berikut Sumber Dana Yang Bisa Kamu Jadikan Modal Bisnis

Salah satu hal yang penting ketika akan memulai sebuah usaha adalah modal. Modal usaha itu sendiri jika dilihat lebih luas ada banyak macamnya. Dari mulai modal kepercayaan sampai dengan kemampuan. Satu yang paling penting tentu saja modal uang.

Ini yang seringkali menjadi batu sandungan bagi banyak orang ketika akan membuka usaha. Meskipun banyak orang yang berkata jika modal uang bukan yang terpenting. Namun pada akhirnya hal ini lah yang akan menggerakan modal usaha lainnya.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah ini? Sebenarnya saat ini sudah banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha. Cara paling konvensional tentu dengan menggunakan uang pribadi. Biasanya Anda akan menggunakan tabungan yang dimiliki untuk memulai usaha tersebut.

Namun selain menggunakan uang pribadi. Ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal yang dibutuhkan. Modal ini juga bisa didapat dari cara meminjam bahkan dengan patungan bersama orang lain.

Sumber Dana untuk Modal Usaha

Saat ini, ada beberapa cara untuk Anda mendapatkan modal dengan cepat. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah :

Pinjaman

pinjaman modal usaha

Cara pertama untuk mendapatkan modal ini tentu saja dengan melakukan pinjaman. Bisa melakukan pinjaman kepada individu maupun ke instansi keuangan.

Jika meminjam kepada individu, seperti halnya kepada keluarga. Maka mungkin hanyak membutuhkan rasa saling percaya saja. Namun jika meminjam ke instansi keuangan seperti bank misalnya. Maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Salah satunya adalah masalah lama pinjaman dan bunga yang didapatkan. Ini akan menjadi penting karena akan mempengaruhi cara bayar Anda ke depannya.

Melepas Aset

jual mobil

Entah dengan cara gadai ataupun menjualnya. Aset yang kita punya bisa saja dijadikan salah satu sumber modal usaha. Banyak orang yang melepas aset seperti rumah, kendaraan, perhiasan, atau yang lainnya dengan tujuan untuk membuka bisnis.

Selama diperhitungkan dengan baik maka hal ini tentu bisa dilakukan. Hal yang harus diperhatikan di sini adalah apakah nilai aset tersebut sebanding dengan modal yang kita butuhkan.

Crowdfunding

crowdfunding

Tren lain saat ini dalam mencari modal adalah dengan melakukan crowdfunding. Secara mudah, cara ini bisa dijelaskan dengan Anda meminta kepada banyak orang untuk memenuhi modal yang dibutuhkan.

Sudah banyak platform yang memfasilitasi caara ini. Biasanya platform ini akan menghubungkan banyak orang yang memiliki uang dan ingin menanamkan modal ke orang yang membutuhkan modal.

Cara ini dinilai lebih efektif karena bisa menjangkau calon pemodal yang lebih luas. Bagi pelaku usaha, cara ini juga dinilai lebih efektif dan bisa mendapatkan modal dengan jumlah yang cukup besar.

Mencari Investor

investor

Hal lainnya yang juga bisa dilakukan untuk mendapatkan modal usaha adalah dengan mencari investor. Nantinya semua modal yang kita butuhkan akan didapat dari mereka. Cara ini bisa mendatangkan dana dalam jumlah besar. Namun tentu saja cara yang diperlukan pun akan lebih rumit.

Setidaknya, Anda harus memiliki rencana bisnis yang jelas untuk meyakinkan investor. Anda juga harus bisa menjelaskan banyak hal terkain bisnis tersebut ke depannya. Seperti apa prospeknya, bagaimana keuntungannya, dan lain sebagainya. Jika semua cara – cara tersebut bisa meyakinkan investor, maka modal dalam jumlah besar pun bisa Anda dapatkan.

Modal dari Konsumen

Saat ini bahkan ada cara usaha yang dinilai tanpa perlu modal. Cara ini memanfaatkan sistem DP atau down payment. Istilah sekarang, Anda melakukan Pre Order.

Dengan cara ini Anda bisa memulai usaha dengan modal yang didapat dari konsumen. Konsumen memberikan sejumlah uang kepada Anda. Anda membuat produknya. Setelah produknya jadi, konsumen melunasi sisanya dan Anda mengirim barangnya.

Tentu untuk melakukan cara ini, modal penting yang harus dimiliki di awal adalah masalah kepercayaan. Kepercayaan konsumen kepada Anda sebagai pelaku usaha akan menjadi penentu apakah cara ini berhasil atau tidak. Jika konsumen percaya, maka mereka tidak akan masalah dengan memberikan pembayaran di awal, Namun jika tidak, maka cara ini tidak dapat dilakukan.

Cara usaha seperti ini juga bermanfaat untuk membuat produk yang sesuai dengan yang dibutuhkan. Anda hanya akan membuat produk sesuai dengan jumlah orang yang sudah melakukan pembayaran.

Franchise

Biasanya, cara ini dilakukan oleh mereka yang memiliki modal namun dengan jumlah yang terbatas. Hal ini biasa terjadi ketika banyak pelaku bisnis tidak punya modal untuk melakukan branding dan promosi.

Maka cara ini menjadi salah satu solusinya. Franchise sendiri merupakan cara di mana pelaku usaha akan menjual sebuah produk yang sudah ada sebelumnya. Pelaku usaha akan menjalankan usaha milik orang lain di tempat lain.

Keuntungan dari cara ini adalah Anda tidak perlu memikirkan banyak hal mengenai masalah branding. Karena biasanya cara ini dilakukan oleh produk yang sudah memiliki branding kuat. Bahkan dalam beberapa kasus, Anda hanya tinggal menjalankan usahanya saja. Semua bahan baku, booth atau tempat, dan kebutuhan lainnya sudah disediakan pihak pertama.

Mencari Rekan.

Hal lainnya yang bisa dicoba untuk memenuhi kebutuhan modal usaha Anda adalah dengan mencari rekan. Cara ini akan membagi beban yang Anda miliki dengan orang lain.

Cara ini menjadi cukup efektif karena rekan yang bisa Anda ajak biasanya orang yang sudah kenal sebelumnya. Hal ini akan menguntungkan karena kepercayaan sudah ada sebelumnya. Dengan mencari rekan ini juga maka modal yang didapat bisa menjadi lebih besar.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan modal. Tentu hal yang perlu diperhatikan ketika menentukan modal adalah apakah jumlah nya sudah cukup. Tidak terlalu besar dan tidak kurang.

Leave a Comment