Jangan Salah, Ini Dia Cara Daftar IUMK Online yang Benar!

Cara Daftar IUMK Online yang Benar – Sebagian besar usaha yang ada di Indonesia ini merupakan usaha mikro, kecil dan juga menengah atau yang biasa disebut dengan UMKM. Sayangnya adalah sektor usaha mikro yang ada di tanah air ini masih sedikit yang memiliki IUMK. Padahal jika sudah memiliki IUMK tersebut akan banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan.

Menurut Kementerian koperasi dan UKM, pelaku usaha mikro yang memiliki izin ini akan mendapatkan kepastian hukum yang jelas juga akan bisa mendapatkan fasilitas dan bantuan dari pemerintah termasuk bantuan modal usaha. Usaha atau bisnis akan disebut mikro jika jumlah kekayaannya paling banyak adalah 50 juta tidak termasuk tanah maupun bangunannya. Selain itu omzet yang didapatkan paling banyak 300 juta.

Seseorang atau pelaku usaha dengan kekayaan antara 50 juta sampai dengan 500 juta tidak termasuk tanah dan juga bangunan, omzet tahunan berkisar 300 juta sampai 2,5 miliar. Pengusaha atau usaha tersebut disebut dengan usaha kecil.

Pemilik IUMK ini bisa mendapatkan pendampingan untuk bisa mengembangkan usaha dari pemerintah daerah. Selain itu juga akan mendapatkan pendampingan untuk pendataan, fasilitasi akses permodalan, penguatan kelembagaan, dan pembinaan.

Pelaku usaha ini akan mendapatkan pendampingan bimbingan teknis yang sangat bermanfaat untuk pengembangan usaha. Selain itu juga bisa mengembangkan kemitraan dengan dunia usaha selain itu mendapat kepastian dan perlindungan usaha di lokasi yang telah ditetapkan.

Syarat IUMK Online

Sebelum Anda tahu bagaimana cara daftarnya ada baiknya jika Anda tahu syarat IUMK online terlebih dahulu. Sebelum melakukan login pelaku usaha harus melakukan input data untuk bisa membuat USER ID. Pelaku usaha dengan bentuk usaha ini harus memasukkan NIK penanggung jawab badan usaha tersebut.

Tidak hanya itu saja pelaku usaha harus selesai menyelesaikan proses pengesahan badan usaha di Kementerian Hukum dan HAM di AHU Online. Terutama bagi badan usaha yang bentuknya adalah PT, badan usaha yang mana didirikan oleh yayasan koperasi, CV, Firma dan juga persekutuan perata.

Pelaku badan usaha yang bentuknya adalah perum maupun perumda. Selain itu juga badan hukum lainnya milik negara, badan layanan hukum dan lembaga penyiaran ini juga menyiapkan dasar hukum pembentukan badan usaha.

Cara Mendaftar IUMK Online

iumk online page

Sejak awal tahun 2019, IUMK atau Izin Usaha Dalam Sektor Perkoperasian dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ini bisa melalui OSS yang mana merupakan singkatan Online Single Submission. Anda dapat mengaksesnya pada URL berikut ini https://oss.go.id/portal/ 

Yang harus Anda siapkan saat melakukan pendaftaran ini adalah memiliki alamat email yang masih aktif dan juga passwordnya. Selain itu harus ada nomor HP yang mudah dihubungi. Setelah itu Anda bisa melakukan cara daftar IUMK online berikut ini:

1. Akses link dan daftar

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah Anda bisa daftar di situs OSS terlebih dahulu. Kemudian Anda bisa mendaftar di sistem OSS dengan memasukkan nomor NIK dan beberapa informasi lainnya yang tersedia.

Sistem OSS ini akan mengirimkan dua email dimana yang pertama ke email Badan Usaha untuk registrasi. Untuk email yang kedua untuk verifikasi akun OSS. Email verifikasi ini isinya adalah user ID dan juga password sementara yang bisa Anda gunakan untuk login ke dalam sistem OSS.

Khusus untuk pelaku usaha perorangan, akses OSS ini digunakan dengan input NIK dan juga beberapa informasi lainnya di form registrasi yang sudah disediakan. Sistem OSS Ini akan mengirimkan dua email. Yang pertama akan mengirim email untuk registrasi dan juga verifikasi akun OSS. Email kedua ini berisi verifikasi user ID dan juga password sementara yang bisa Anda gunakan untuk login sistem OSS.

2. Login

Cara daftar IUMK online selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan login ke sistem. Caranya adalah dengan menggunakan User ID dan juga password yang telah dikirimkan ke email.

3. Klik tombol perizinan

Cara selanjutnya menekan tombol perizinan berusaha kemudian klik perorangan. Setelah itu Anda yang skala usaha Mikro bisa melakukan klik tombol pendaftaran NIB Perseorangan Mikro. Untuk skala usaha kecil Anda bisa melakukan klik tombol pendaftaran NIB Perseorangan Kecil.

4. Lengkapi data diri

Saat mengisi formulir penting untuk pelaku usaha melengkapi data diri yang sesuai dengan formulir usaha. Setelah data usaha terisi Anda bisa klik simpan kemudian lanjutkan. Untuk pelaku usaha yang memiliki lebih dari satu usaha maka bisa dengan melakukan langkah serupa agar semua data usaha bisa terisi. Untuk formulir Komitmen Prasarana Usaha ini, khusus usaha kecil bisa mengajukan permohonan izin Lokasi dan juga Izin Lingkungan jika diperbolehkan kemudian klik selanjutnya.

5. Preview Draft NIB

Hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah Anda bisa melakukan preview draft NIB. Selain itu Anda bisa izin lokasi, izin lingkungan dan juga izin usaha. Setelah itu Anda bisa memberikan tanda kotak disclaimer, kemudian tekan tombol proses NIB.

6. Cetak

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mencetak NIB tersebut. Anda akan bisa melihat tampilan output NIB dan juga izin usaha. Pelaku bisa melihat izin lokasi, izin lingkungan dan juga izin usaha. Setelah itu bisa mencetak izin usaha dengan menggunakan format QR yang berisi data secara detail.

Demikianlah penjelasan tentang IUMK online dan cara mendaftarnya yang baik dan benar, semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Comment