Cara Berbisnis Bagi Pemula : 4 Skill Dasar yang Wajib Dikuasai

Banyak yang bermimpi untuk menjadi pengusaha, tapi belum banyak yang benar-benar mewujudkannya. Salah satu kendala yang banyak dialami adalah kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam menjalankan bisnis. Lantas, bagaimana cara berbisnis bagi pemula agar sukses dan berkembang sekalipun diawali dengan modal kecil?

Ternyata ada beberapa skill dasar yang harus dikuasai oleh seorang enterpreunur. Berbisnis tidak hanya soal menjual barang dan jasa. Kemampuan mengelola dan mengembangkannya juga tidak kalah penting.

Belajar berbisnis untuk pemula sangatlah penting. Kemampuan dan jiwa bisnis adalah dua hal yang bisa dilatih dan dipelajari.

Agar modal Anda tidak terbuang sia-sia, pelajari beberapa kemampuan penting di bawah ini sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis.

4 Cara Berbisnis Bagi Pemula

1. Administrasi dan Keuangan

cara berbisnis bagi pemula admin keuangan

Teknik pengelolaan administrasi dan keuangan adalah salah satu skill wajib yang harus Anda pelajari. Bahkan di skala bisnis paling kecil sekalipun, mengelola keuangan dengan rapi dan terstruktur adalah tahap yang sangat penting. Anda harus mencatat dan mendokumentasikan segala aktivitas bisnis Anda. Tidak perlu menjadi akuntan profesional untuk menjalankan tugas ini. Pencatatan manual dengan tabel sederhana saja sudah cukup untuk bisnis berskala kecil.

Setidaknya, beberapa poin berikut ini tak boleh Anda lewatkan:
• Pembelian stok barang dan bahan baku
• Biaya operasional
• Omzet bulanan
• Laba bersih

Dengan memperhatikan keempat poin di atas, Anda akan mendapatkan dua insight yang sangat penting. Pertama, Anda bisa memantau performa bisnis Anda secara berkala. Kedua, Anda bisa merencanakan strategi pengembangan bisnis dengan lebih matang. Mengelola administrasi dan keuangan adalah salah satu cara berbisnis bagi pemula yang harus Anda kuasai.

2. Mengoperasikan Komputer dan Gadget

cara berbisnis bagi pemula komputer

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini, kemampuan mengoperasikan komputer dan smartphone adalah skill dasar yang wajib Anda kuasai. Dalam berbisnis, teknologi memiliki peran yang sangat penting disetiap kegiatan usaha. Dari manajemen sampai marketing, dari planning sampai evaluasi, semuanya memerlukan bantuan perangkat canggih. Dengan komputer dan smartphone, Anda bisa mengunduh berbagai aplikasi penting yang akan memberikan banyak manfaat untuk bisnis Anda.

Saat ini, banyak aplikasi Point of Sale (POS) atau yang biasa kita sebut sebagai mesin kasir yang bisa diunduh secara gratis. Penggunaan aplikasi POS akan lebih efektif dibandingkan dengan pencatatan nota secara manual. Tidak hanya POS, masih banyak aplikasi lain yang akan membantu Anda dalam menjalankan bisnis. Anda bisa menggunakan aplikasi manajemen keuangan untuk memantau performa bisnis secara instan dan detail. Anda juga bisa membuat berbagai macam konten digital untuk berpromosi di internet.

Dengan semua kelebihan di atas, tidak bisa disangkal bahwa pebisnis masa kini memang perlu menguasai komputer dan gadget, setidaknya pada level paling dasar.

3. Digital Marketing

cara berbisnis bagi pemula digital marketing

Dunia internet menyimpan potensi bisnis yang sangat besar. Anda pasti sudah familiar dengan platform belanja online yang super praktis dan murah. Keberadaan marketplace sangat membantu pebisnis kecil untuk memasarkan produknya secara luas dengan biaya mendekati nol rupiah.

Apakah Anda akan melewatkan peluang ini begitu saja? Kalau di luar sana ada ribuan orang yang sukses menjalankan bisnis online, kenapa Anda tidak mencobanya? Setidaknya, Anda perlu mempelajari dan mencoba digital marketing. Sederhananya, Anda menjual dan memasarkan produk secara digital. Bisa lewat marketplace, sosial media, iklan, afiliasi, dan lain sebagainya. Jangan berpikir bahwa digital marketing adalah aktivitas yang rumit dan mahal. Sebaliknya, digital marketing justru lebih praktis dan murah daripada marketing konvensional.

Cara paling mudah adalah membuat akun bisnis di sosial media. Kemudian, upload konten secara konsisten untuk memasarkan produk Anda. Lalu sebarluaskan akun tersebut agar jumlah pengikut Anda semakin banyak. Asal Anda ulet dan konsisten, bisnis Anda akan berkembang pesat di platform digital. Pembeli akan berdatangan dengan sendirinya. Digital marketing adalah salah satu cara berbisnis bagi pemula yang paling efektif sekaligus efisien. Bahkan bisnis online digadang-gadang sebagai cara berbisnis untuk pemula yang hasilnya paling memuaskan. Berapa harga yang harus Anda bayar untuk menjalankan strategi ini? Nol rupiah!

4. Manajemen Dasar

cara berbisnis bagi pemula management

Pebisnis adalah pengelola. Kalau Anda memutuskan untuk menjadi pebisnis, berarti Anda harus siap untuk mengelola banyak hal. Mulai dari modal, kas, karyawan, operasional, pemasaran, dan masih banyak lagi. Orang yang memulai bisnisnya sendiri harus siap menjadi pilot yang mengendalikan semua aspek usaha. Anda harus siap mengatur jadwal karyawan, alur operasional, memutar modal dan kas, menentukan teknik pemasaran, menghadapi persaingan, dan lain sebagainya.

Semua hal di atas disebut dengan manajemen. Dengan kata lain, Anda adalah manajer di bisnis Anda sendiri. Tugas seorang manajer adalah mengatur segala sesuatu yang menjadi tanggung jawabnya. Jangan anggap remeh bagian ini. Kemampuan manajemen berpengaruh langsung terhadap jalannya operasional dan naik-turunnya bisnis Anda secara keseluruhan. Bukankah Anda sudah sering mendengar cerita tentang bisnis yang bangkrut akibat kegagalan manajemen?

Siapkah Anda Menerapkan 4 skill dasar tersebut?

Empat poin di atas hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan skill bisnis yang perlu Anda pelajari. Masih banyak hal lain yang tidak bisa kita bahas seluruhnya di artikel ini. Kalau tekad Anda sudah bulat untuk memulai bisnis, Anda tidak bisa menolak fakta bahwa persaingan memang semakin ketat. Bagi calon enterpreunur sejati, persaingan justru menjadi motivasi untuk pebisnis pemula. Tidak ada cara lain untuk memenangkan kompetisi selain dengan menguasai dan mengembangkan mindset dan skill Anda. Jadi, siapkah Anda untuk mempelajari dan mematangkan cara berbisnis bagi pemula seperti yang kita bahas di atas?

Leave a Comment