4 Langkah Memulai Bisnis Sampingan Sambil Bekerja Full Time

Mungkin banyak diantara kalian punya teman yang sukses menjalankan bisnis sambil bekerja full time. Tak jarang kita merasa takjub dengan mereka. Menjalankan bisnis sambil bekerja full time tentu sangan menggiurkan, tapi perlu diingat, butuh banyak perjuangan untuk menjalankan. Tanpa perjuangan kamu pasti kewalahan. Kemungkinan bisnis kamu bangkrut, atau kerjaan full time kamu yang jadi korbannya. Berita baiknya, kegagalan tersebut masih bisa kita hindari jika kita pintar mengaturnya. Berikut ini 4 langkah memulai bisnis sampingan sambil bekerja full time.

1. Pilih bisnis sampingan yang tidak mengganggu pekerjaan utama

Tentu kamu harus menghormati kontrak dengan pekerjaan utama kamu dengan memilih bisnis sampingan yang bisa kamu jalankan setelah jam kerja atau pada hari libur. Apabila bisnis sampingan kamu membutuhkan waktu seharian untuk mengurusnya, baiknya kamu memperkerjakan orang yang bisa kamu percaya untuk membantu kamu mengurus bisnis di bawah pengawasanmu. Kamu bisa memilih bisnis di bidang yang sesuai passion kamu. Sehingga akan mengurangi stres yang timbul akibat beban pekerjaan nantinya.

2. Buat perencanaan bisnis sampingan dengan matang

bisnis sampingan 2

Meski bisnis sampingan yang kamu akan jalankan merupakan bisnis kecil-kecilan, tetap diperlukan perencanaan yang matang supaya bisnis tersebut tidak berhenti ditengah jalan. Perencanaannya tidak perlu sempurna, kamu cukup perlu garis besarnya saja. Seperti visi misi, penjelasan produk, dan perencanaan keuangan. Kamu perlu tahu berapa modal yang diperlukan, dan modalmu berasal darimana. Apakah berasal dari pinjaman, atau dari gaji bulanan yang kamu sisihkan.

3. Disiplin dengan waktu

Persoalan yang sering dirasakan saat memulai bisnis sampingan ialah waktu yang terbatas, karena itu dibutuhkan yang namanya disiplin dengan waktu. Saat kita sudah punya komitmen untuk bekerja full time maka waktu yang kita punyai di luar jam kerja akan semakin menjadi terbatas, walau sebenarnya, waktu yang kita miliki itu masih dapat dimaksimalkan asal kita disiplin. Kamu hanya perlu fokus dalam bekerja agal lebih efisien. Hindarkan mengobrol atau bergosip yang tidak perlu dengan rekan kerja secara berlebihan, hindarkan juga membuang waktumu dengan bermain sosmed diwaktu kerja. Kamu juga harus mengurangi waktumu untuk hang out bersama teman-teman. Memang untuk bisa sukses banyak yang perlu dikorbankan. Asal kita bisa disiplin, kamu pasti akan sukses.

4. Kamu perlu tetap belajar

Bisnis tidak dapat dijalankan dengan cara begitu-begitu saja. Supaya bisa lebih memajukan bisnis, kamu perlu tetap terus belajar lebih lagi. Management waktu yang kamu perlukan sesungguhnya tidak cuma untuk mengurusi bisnis, tetapi juga untuk mengupgrade diri agar dapat menjalankan bisnis dengan lebih baik lagi. Kamu bisa mengikuti seminar, kursus, atau bertemu dengan mentor bisnis yang sesuai dengan bidang yang kamu jalankan. Itu semua perlu dilakukan agar kamu mendapatkan insight baru dan bisnismu tidak stuck di situ-situ saja. Kedepannya ini akan bermanfaat bila kamu mengalami kendala dalam bisnis, jadi kamu sudah tahu cara menghadapinya. 

Yang tidak kalah penting dari itu semua, tentunya kamu perlu menyisihkan sedikit waktu untuk diri kamu sendiri, entah sekedar santai menonton film, bermain game atau membaca buku. Jangan biarkan stres yang menumpuk justru jadi masalah untuk semua pekerjaan yang telah kamu bangun dengan kerja keras.

Demikianlah 4 Langkah Memulai Bisnis Sampingan Sambil Bekerja Full Time. Simak terus artikel-artikel lainnya dari kami.

Leave a Comment