6 Tips Memulai Usaha dari Nol

Memulai usaha memanglah memberikan keuntungan besar untuk pelakunya. Tetapi untuk mencapai hal itu diperlukan usaha yang besar juga. Tidak sedikit orang yang ragu, dan akhirnya mundur sebelum memulai usaha. Modal yang besar, perjuangan yang tidak gampang, hasil yang tidak menentu dan sebagainya jadi penyebabnya. Untuk itu Anda memerlukan tips memulai usaha.

Walaupun sebenarnya seperti yang diketahui banyak orang, banyak pemilik usaha yang sudah besar sekarang ini memulai usaha dari tempat yang kecil bermodalkan seadanya. Bahkan juga sebagian besar memulai usaha dari nol. Memang benar ada sejumlah risiko yang dapat ditemui pada awal membangun usaha. Namun dengan usaha giat, seluruhnya dapat terbayar dengan usaha yang berkembang serta keuntungan yang makin meningkat.

tips memulai usaha 1

Untuk Anda yang ingin memulai usaha, jangan merasa takut terlebih dahulu! Berikut ini 6 tips jitu memulai usaha untuk membantu Anda yang ingin memulai usaha dari nol.

1. Tentukan Produk

Sebelum memulai usaha tentukan dahulu produk atau layanan apa yang ingin Anda jual pada pelanggan. Anda dapat memastikan ini dengan terlebih dahulu melakukan analisa. Supaya lebih menonjol serta tidak sama dengan merk yang lain, Anda dapat menjual barang yang berguna ataupun unik.

Tidak hanya itu Anda dapat memilih untuk menjual suatu yang benar-benar Anda senangi atau Anda memiliki passion didalamnya. Selain menggemarinya, nanti Anda pun semakin lebih semangat dan mau menghadapi beragam kendala hingga lebih bisa cepat mencapai keberhasilan.

2. Tips Memulai Usaha yang Kedua, Persiapkan Modal

Begitu banyak yang takut memulai usaha karena memikirkan modal yang dirasa besar. Meskipun sebenarnya tidak seluruhnya usaha perlu modal yang besar. Bila Anda memiliki persoalan dalam mempersiapkan modal, Anda dapat memulai dari usaha skala kecil dalam rumah atau menggunakan medsos yang gratis untuk menjalankan promosi.

Catat serta kalkulasi secara terinci apa yang bisnis Anda perlukan serta berapakah biayanya. Siasati biaya-biaya yang bakal digunakan supaya lebih irit. Hal ini juga berlaku di bahan baku. Jangan malas untuk berkeliling-keliling ke beberapa tempat untuk memperoleh bahan baku yang lebih murah dengan mutu yang sama.

3. Tips Memulai Usaha yang Ketiga, Jangan Takut Gagal

Mengambil keputusan untuk memulai usaha benar-benar memiliki risiko yang cukup besar. Tetapi bila dari awalnya Anda sudah merasa takut gagal, bisa jadi usaha ke depannya akan gagal. Anda mesti dapat meyakinkan diri sendiri serta buang jauh semua ketakutan tentang kegagalannya. Kegagalan memanglah mungkin terjadi, tetapi seseorang pengusaha sejati pasti dapat bangkit dan dapat belajar dari kegagalannya itu. Jangan mencoba untuk mundur ketika semuanya tidak berjalan sesuai dengan rencana Anda.

4. Fokus di Satu Bisnis Terlebih Dahulu

Memiliki banyak usaha memanglah dapat memberikan keuntungan yang berlipat. Tetapi di lain sisi dapat merusak fokus Anda yang malah berpengaruh pada kerugian. Jangan tergesa-gesa ingin menambahkan keuntungan dengan memulai usaha kedua. Yakinkan usaha yang sekarang sudah betul-betul stabil, baik dari sisi modal, SDM, atau keperluan-kebutuhan yang lain. Apabila sudah stabil, baru buat ide bisnis selanjutnya.

5. Terus Belajar

Menjadi seorang pengusaha berarti siap untuk terus belajar, belajar dan belajar. Sekarang Anda bisa mempelajari beberapa hal tentang memulai usaha dari banyak sumber seperti medsos, situs, komunitas pebisnis, seminar training dan sebagainya. Tidak hanya itu Anda pun harus terbuka pada masukan dan nasihat dari pihak lain. Ini akan berfungsi untuk mengevaluasi bisnis Anda supaya terus berkembang. Anda juga mesti mempelajari dinamika pasar, siapakah yang bisa jadi pesaing dan bagaimana karakteristik target market bisnis Anda.

6. Atur Keuangan dengan Baik

Walaupun Anda baru membuka usaha dengan modal yang kecil, bahan baku terbatas, serta produksi yang tidak banyak, Anda sudah harus mengatur keuangan dengan baik. Management keuangan tidak dikerjakan saat usaha sudah tumbuh dan besar. Pengaturan keuangan usaha yang dikerjakan sejak awal dapat mempermudah Anda dalam meningkatkan usaha. Latih diri Anda untuk mencatat semua transaksi yang dijalankan baik sebelum atau sesudah penjualan.

Demikianlah 6 tips jitu memulai usaha. Mudah bukan?

Leave a Comment