Fintech Adalah : Pengertian, Jenis dan Juga Manfaatnya

Pengertian dan Jenis Fintech – Fintech adalah salah satu bentuk hasil dari perkembangan teknologi khususnya di bidang keuangan. Keberadaan fintech juga sudah mulai bisa diterima dengan baik di masyarakat. Bahkan saat ini sudah mulai banyak masyarakat yang mulai menggunakan fintech ini dalam berbagai kebutuhan transaksi keuangan mereka.

Jadi, sebenarnya apa itu fintech dan apa saja jenisnya yang ada di masyarakat?

Apa Itu Fintech?

Jika berbicara tentang fintech tentu saja Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu fintech. Menurut National Digital Research Centre, fintech adalah sebuah hasil terobosan yang baru di bidang keuangan dengan memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaannya. 

Berbeda lagi menurut Otoritas Jasa Keuangan atau OJK, fintech adalah sebuah sistem yang secara khusus dirancang untuk menjalankan sistem transaksi tertentu khususnya dalam bidang keuangan. 

Dengan kata lain fintech adalah sebuah layanan yang fokus pada pelayanan finansial, dimana dalam operasionalnya mengutamakan kecepatan, kepraktisan dan juga kemudahan. Keberadaan fintech dapat memangkas banyaknya alur transaksi konvensional yang membuat ribet dan memakan banyak proses dan waktu. Dengan begitu proses transaksi menggunakan fintech menjadi lebih cepat dan tentunya mudah. 

Mengenal Jenis-Jenis Fintech

Ilustrasi Fintech

Di Indonesia ada beberapa jenis fintech yang sering ditemui, diantaranya:

  • Micro Financing 

Salah satu jenis fintech adalah micro financing. Fintech ini dikembangkan dengan tujuan agar masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ke bawah bisa mendapatkan akses pinjaman modal usaha melalui bank. Hal ini tentunya untuk membantu kehidupan masyarakat kecil dalam mencari penghasilan untuk kebutuhan sehari-hari mereka. 

Tugas fintech ini adalah menjadi jembatan antara pemberi pinjaman modal dan calon peminjam.

  • Market Comparison

Jenis fintech ini dapat membantu Anda untuk membandingkan beberapa produk keuangan sekaligus. Dengan layanan dintech ini Anda dapat mencari dan memilih salah satu produk keuangan dari berbagai penyedia jasa keuangan yang menurut Anda paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. 

Melalui fintech market comparison ini Anda juga bisa merencanakan investasi masa depan Anda. 

  • Crowdfunding

Crowdfunding merupakan fintech yang dimanfaatkan untuk kegiatan penggalangan dana bantuan sosial. Kehadiran fintech crowdfunding memudahkan kalangan masyarakat luas untuk menyalurkan bantuan dari mana saja dan kapan saja. Masyarakat juga bisa berperan sebagai inisiator untuk sebuah program sosial. 

Di Indonesia ada beberapa jenis fintech crowdfunding yang bisa dijumpai, seperti misalnya KitaBisa.com, Gandeng Tangan, Ayo Peduli, dan banyak lagi lainnya. 

  • P2P Lending Service

Jenis fintech ini memberikan layanan untuk peminjaman uang secara online. Melalui fintech P2P lending service ini Anda dapat mengajukan pinjaman dana dengan lebih mudah dan cepat, tanpa harus melewati proses yang ribet seperti ketika Anda mengajukan pinjaman pada bank. Anda bahkan tidak diminta untuk memberikan agunan sebagai jaminan pinjaman Anda. 

Menilai Manfaat Keberadaan Fintech

Kehadiran fintech di tengah masyarakat membawa beberapa manfaat positif. Adapun manfaat fintech adalah sebagai berikut:

  • Memicu Pertumbuhan Startup Bidang Keuangan

Kehadiran fintech tentunya akan memicu pertumbuhan startup khususnya yang  bergerak di bidang keuangan semakin subur. Beberapa startup yang tidak bisa mengikuti perubahan dan tetap mempertahankan sistem lama mereka mungkin akan mulai tergeser dengan startup yang masih fresh dan terus memberikan update layanan bagi penggunanya. 

  • Meminimalisir Adanya Pinjaman dengan Bunga yang Tinggi 

Kehadiran fintech dapat menghindarkan masyarakat dari bahaya rentenir atau pihak pemberi pinjaman dengan bunga yang sangat tinggi. Agar terhindar dari hal ini juga, sebaiknya Anda memilih startup fintech yang sudah terdaftar dan berizin OJK, sehingga hak Anda sebagai konsumen tetap terlindungi.

  • Menjadi Alternatif Baru untuk Berinvestasi dan Pendanaan

Fintech membuka peluang baru untuk masyarakat yang ingin melakukan investasi. Dengan berinvestasi di fintech Anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan return bunga antara 10% hingga 21% per tahunnya. Sekali lagi, pastikan Anda memilih fintech yang sudah terdaftar dan berizin OJK agar investasi Anda aman.

Fintech juga menjadi pilihan baru bagi pengusaha untuk mencari modal usaha di luar dari lembaga keuangan formal seperti bank. Fintech umumnya sangat ramah dengan pelaku usaha informal yang selama ini susah mendapatkan akses modal dari perbankan.

Meski fintech adalah produk teknologi yang dapat memudahkan Anda dalam urusan keuangan, akan tetapi Anda juga harus bijak dalam penggunaannya. 

Leave a Comment