Begini Cara Memulai Bisnis Properti Dari Nol!

Tempat tinggal atau rumah ini menjadi kebutuhan primer bagi manusia. Tempat tinggal ini harus dipenuhi untuk menjaga kelangsungan hidup. Dengan semakin banyak bertambahnya jumlah penduduk ini membuat kebutuhan akan tempat tinggal semakin meningkat.

Tidak mengherankan jika bisnis yang berhubungan dengan properti ini semakin menjamur. Bisnis properti ini semakin banyak ditekuni untuk bisa mengimbangi kebutuhan masyarakat akan lahan maupun tempat tinggal yang terus meningkat. Bisnis di bidang properti sangat menguntungkan dan juga menggiurkan. Bisnis ini bisa menjadi ide bisnis yang potensial.

Banyak yang berpikir bahwa bisnis properti ini membutuhkan modal yang besar sehingga banyak yang kemudian mengurungkan niat. Meskipun pandemi COVID-19 membuat penjualan menjadi sepi, tetapi untuk jangka panjang bisnis properti masih sangat bagus, seperti yang dikutip dari Kompas.com. Bisnis ini bisa dilakukan dengan modal yang kecil sekalipun bahkan bisa Anda lakukan tanpa modal. Kuncinya adalah Anda memiliki skill yang dibutuhkan untuk berbisnis properti. Berikut ini adalah cara memulainya yang bisa Anda lakukan:

Lakukan Research Mendalam

Setiap bisnis yang akan Anda lakukan ini sebaiknya dilakukan dengan research secara mendalam. Riset pasar ini sangat penting untuk bisa memastikan Anda membeli dengan harga yang masuk akal. Oleh sebab itu Anda harus melakukan riset sebelum mengambil suatu produk properti untuk Anda pasarkan kembali.

Selain itu hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan terburu-buru dalam membeli properti sebelum Anda tahu seluk beluknya. Anda harus mengetahui harga, sarana dan prasarana, kebutuhan pasar, faktor eksternal dan berbagai hal lainnya. Faktor eksternal ini akan berpengaruh terhadap nilai properti Anda misalnya adalah lingkungan industri, daerah rawan banjir, lokasi berdekatan dengan jalan raya dan sebagainya.

Ketahui Peluang

Anda harus berhati-hati dan tidak boleh terburu-buru. Cermat dalam memilih properti yang akan Anda pasarkan kembali. Pastikan jika properti yang akan Anda ambil tersebut tidak bermasalah dan tidak berada di lahan sengketa. Jika memang Anda menemukan properti di lokasi yang tepat sebaiknya Anda segera bergerak. Semakin cepat Anda dalam mengambil peluang maka Anda akan semakin dekat dengan keuntungan.

Rajin Melihat Iklan

Untuk bisa mendapatkan peluang yang potensial Anda bisa melihat iklan-iklan properti yang ditawarkan. Sumber dari iklan tersebut beragam bisa dari koran, internet maupun dari papan iklan. Anda bisa memasarkan properti tersebut kepada kerabat maupun orang yang membutuhkan. Saat akan memasang harga, Anda bisa mematok harga yang sedikit lebih tinggi. Jika sudah terjual Anda akan mulai mendapatkan keuntungan.

Mulai dari Lingkungan Anda

Untuk bisnis properti Anda bisa mulai dari lingkungan Anda terlebih dahulu.  Di sekitar Anda pasti akan banyak yang ingin membeli rumah atau menjualnya. Anda bisa mengamati dan juga ikut andil dalam pembicaraan tersebut. Anda bisa menanyakan detail rumahnya seperti apa yang ingin dicari dan juga lokasinya yang seperti apa.

Dari lingkungan, Anda bisa belajar menjalankan usaha ini. Anda bisa terus belajar dari pengalaman yang terus Anda dapatkan. Tidak ada perjanjian yang mengharuskan Anda untuk mencarikan rumah sampai dapat sehingga dalam menjalankan bisnis ini tidak ada yang harus hilang. Anda juga harus rajin dan juga fokus dalam menjalankan bisnis ini agar hasilnya tidak sia-sia.

Cari Calon Penjual

Saat Anda diskusi dengan calon pembeli maka tugas Anda adalah mencari calon penjualnya. Untuk mencari properti yang dijual ini Anda harus rajin dalam mendatangi lokasi perumahan. Anda juga harus rajin dalam mendatangi pameran properti yang sedang dilangsungkan di lokasi terdekat di daerah Anda.

Lokasi ini menjadi penentu harga dan juga minat. Anda bisa menggali informasi selengkap mungkin agar pembeli bisa mendapatkan gambaran yang memuaskan tentang pilihan rumah yang ada tersebut.

Buatlah Website Promosi

Teknik promosi bisa dengan menggunakan website maupun media online. Anda bisa promosi dengan menggunakan sosial media seperti Facebook dan juga Twitter. Untuk website ini tidak disarankan menggunakan website gratisan karena akan membuat bisnis Anda terlihat kurang profesional.

Dengan menggunakan website bisa menjangkau semua konsumen Anda. Website ini nantinya juga bisa menemukan Anda dengan pembeli.  Jangan memberikan informasi kontak pembeli maupun penjual dalam website tersebut karena Anda bukan tangan pertamanya. Anda bisa memberikan kontak Anda pada website tersebut.

Pemasaran online ini akan memperluas jaringan network Anda sehingga pembeli yang berada di luar pulau pun bisa melihat iklan Anda dan bisa melihat properti yang Anda tawarkan. Agar semakin banyak yang tertarik dengan iklan properti Anda maka buatlah foto semenarik mungkin. Buat keterangan atau deskripsi dengan rinci agar pembeli bisa mengetahui gambaran rumah secara jelas.

Pentingnya Brand dan Branding

Untuk kesuksesan bisnis properti Anda harus memiliki brand. Buat brand yang mudah diingat oleh masyarakat. Setelah itu Anda bisa melakukan branding agar brand Anda tersebut semakin terkenal dan semakin dipercaya oleh masyarakat. Untuk bisa branding Anda harus menentukan visi dan misi, membuat logo yang menarik, jargon, dan juga website yang profesional.

Jika dijalankan dengan sungguh-sungguh dan konsisten bisnis properti ini akan sangat menguntungkan dan menggiurkan, meski banyak pesaingnya namun dengan cara yang disebutkan diatas Anda akan bisa bersaing dengan kompetitor Anda, semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Comment